Dulu pas zaman sekolah atau kuliah, haram hukumnya mencontek pas ujian, nyontek PR, nyontek makalah dsb.

Tapi itu dulu, sekarang beda ya.

Jika Anda sudah ada di dunia nyata khususnya dunia bisnis HALAL hukumnya untuk mencontek dan meniru dengan beberapa kaidah kaidah tertentu pastinya. Gak asal nyontek.

Ada istilah ATM: amati, tiru, modifikasi. Nah lho, mau bisnis malah disuruh ATM. gak salah ni?

Gpp kok, halal ini mah. Asalkan, ikuti aturan yang berlaku. Jangan melakukan ATM mentah mentah. Pahami siapa role model nya. Pahami cara nyontek nya dan buatlah modifikasinya.

Banyak bisnis yang dimulai dari melihat realita di lapangan. Mengeksplorasi bisnis yang laris manis. Selanjutnya, meniru dan memodifikasinya.

Yang perlu dipahami adalah jangan hanya mencontek luar nya saja. Conteklah semua aspek kesuksesan nya. Jadilah Tukang Contek yang Handal.

Jika Anda ingin membuka bisnis kue dan katering atau fashion dan property misalnya. Ambil role model bisnis yang sdh sukses, amati semua aspek nya. Gak hanya produk dan kemasannya. Tapi juga pelayanan nya dan sistem kerjanya.

Bahkan hingga melakukan modelling karakter owner nya. Analisis bagaimana karakter, sikap, cara berfikir dan cara pengambilan keputusan. Tirulah karakter baik yang ada di dalam diri owner.

Selanjutnya adalah amati top manajemen atau karyawan kepercayaan, bagaimana sikap dan karakter mereka. Bagaimana mereka bekerja. Bagaiman teamwork nya. Bagaimana para manager ini melakukan pendelegasian job desk kepada karyawan. Amati siapa saja tokoh dibalik kesuksesan bisnis nya. Bisa coach, konsultan hingga ustadz nya.

Pelajari bagaimana pola fikir dan lingkungan terdekat dari si owner dan manager nya.

Jadi, jangan hanya melihat kulit luarnya saja. Pahami lebih dalam. Lakukan modelling. Ambil yang baik dan buang yang buruk.

Butuh proses, tapi hal ini akan lebih menguatkan bisnis Anda.

Salam sukses.
Kawakibi Digital Branding

Free konsultasi klik
wa.me/628561395548