
Beberapa hari terakhir saya mendapat info serta berdiskusi dengan beberapa owner yang brand nya di somasi.
Apa alasannya!?
Bermacam macam, mulai dari logo yang mirip dengan si kompetitor atau bisnis lainnya, Hingga nama brand yang mirip.
Sebenarnya, hal ini sangat disayangkan terjadi.
Bisnis yg sdh beberapa tahun berjalan dan brand nya sdh dikenal orang, malah tertolak HKI nya. Malah di somasi oleh bisnis pendahulu dengan brand identity yang mirip.
Yang perlu dipahami bahwa Name Brand atau Merk bisnis adalah sesuatu yang sangat penting. Nama itu mengandung cerita, kenangan dan memori.
Jika name brand diganti, maka kenangan akan hilang. Owner harus membuat lembaran baru lagi. Kembali membangun brand baru. Atau dengan strategi perubahan yang smooth.
Jadi, saran saya, hati hati dalam memilih nama bisnis dan logo bisnis pada khusus nya. Percayakan pada yang memang berkompeten. Jangan asal punya nama dan logo.
Sepakat ya?
Semoga bermanfaat.
Free konsultasi Branding UKM
wa.me/628561395548
instagram.com/kawakibi_brand
www.kawakibi.id