Ajakan untuk menggunakan produk lokal sudah ada sejak lama. Namun dampaknya baru terasa beberapa tahun belakangan. Terutama saat pandemi menyerang hingga ke berbagai sektor perekonomian. Meski banyak bisnis yang terhenti, keberadaan brand lokal justru makin diminati. Brand lokal yang terus bermunculan juga disebut sebagai momentum kebangkitan ekonomi Indonesia. Sebab eksistensi brandlokal tidak hanya menonjolkan nasionalisme, tetapi juga berperan penting dalam memulihkan perekonomian masyarakat.

Guna membantu akselerasi brand lokal di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan “Event Apresiasi Kreasi Indonesia 2021”. Kegiatan ini merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif, terutama pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, musik, film, animasi, aplikasi, dan permainan, yang akan diselenggarakan di 16 daerah di Indonesia.

Balikpapan terpilih sebagai kota terakhir yang menutup serangkaian kegiatan ini. AKI Balikpapan dilaksanakan pada tanggal 27-30 November 2021 di Hotel Grand Jatra dan Plaza Balikpapan. Selain di Balikpapan, Kawakibi Digital Branding juga dipercaya oleh Kemenparekraf untuk menjadi mentor di Surabaya dan Bandar Lampung.

Para peserta dibimbing langsung oleh super mentor yang berpengalaman di bidangnya. Salah satunya Prasetyo Adi yang mempunyai akun IG @prasetyo_adii, yang merupakan brand activist sekaligus founder Kawakibi Digital Branding. Dalam kesempatan tersebut dirinya banyak menjelaskan tentang digital promotion. Menurutnya, hal terpenting sebelum melakukan digital promotion adalah membangun branddengan sebaik mungkin.

“Kami paham bahwa banyak UKM yang belum mengerti dan paham tentang digital promotion. Oleh karena itu, kami memberikan penjelasan yang komprehensif melalui framework branding step agar peserta paham bagaimana membangun brand, melakukan digital promotion hingga mendapatkan profit melalui konsumen loyal,” papar Adi, Jumat (3/12/2021).

Kawakibi Digital Branding yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur ini, membantu brand lokal dan UKM secara penuh agar dapat berdaya secara ekonomi. Para pegiat UMKM dan brand lokal juga bisa memanfaatkan konsultasi gratis yang disediakan oleh Kawakibi Digital Branding. “Untuk melakukan promosi digital tidak asal promosi, tetapi dengan persiapan yang matang dan terstruktur,” ungkap Adi.

Setelah mencoba fasilitas konsultasi gratis, Anda dapat memilih berbagai layanan yang ditawarkan, seperti desain logo profesional, desain packaging, desain dan manajemen Instagram serta pembuatan website.

 

Sumber: BeritaSatu.com