Building trust atau membangun kepercayaan bisa dibilang merupakan aset tak berwujud yang paling berharga bagi branding sekolah. Hal ini dikarenakan membangun kepercayaan sebuah brand sekolah ditentukan oleh besar harapan konsumen terhadap apa yang sekolah anda berikan atau layanan yang sekolah anda berikan untuk mereka. Semakin besar harapan konsumen terjawab maka semakin besar juga kepercayaan yang mereka berikan terhadap brand sekolah anda.

Mengapa membangun kepercayaan brand penting ? Sederhananya tanpa sebuah kepercayaan, anda tidak dapat memiliki pelanggan. Alih alih mendapatkan pelanggan anda bisa juga kehilangan konsumen atau audiens anda. Apalagi di zaman yang semuanya serba teknologi. Informasi mengenai suatu hal bisa menjadi sangat cepat diterima oleh orang lain. Konsumen dapat menemukan ulasan, kesaksian, dan kritik yang akan berperan dalam menentukan perilaku mereka dalam sebuah brand. Tak terkecuali dalam branding sekolah, sebuah kepercayaan bisa menjadi naik dan hilang hanya dalam waktu singkat.

Untuk itulah, sangat penting membangun kepercayaan dengan para konsumen dalam usaha untuk memasarkan branding sekolah anda.  Meskipun pertukaran informasi bisa sangat cepat dalam era digital ini, tetaplah fokus untuk membangun kepercayaan secara perlahan dari waktu ke waktu, karena menjaga kepercayaan juga sangat dibutuhkan untuk sebuah brand agar bisa terus berkompetisi di dunia digital.

Anda tidak mau bukan brand sekolah anda mendapat kepercayaan sesaat ? Kepercayaan sesaat akan menghilangkan loyalitas konsumen, untuk itu sangat penting menjaga kepercayaan sebuah brand untuk membuat konsumen loyal terhadap brand sekolah anda.  Loyalitas konsumen sangat bermanfaat untuk sebuah brand sekolah dalam usahanya untuk bersaing dengan kompetitor sekolah lain. Selain itu, kepercayaan akan menyebabkan konsumen tidak terpengaruh oleh pemasaran yang dilakukan kompetitor anda. Konsumen yang loyal tidak akan beralih ke brand lain dengan mudah. Menggunakan brand sekolah anda adalah harga mati buat mereka dikarenakan rasa percaya yang telah melekat pada diri konsumen. Lalu bagaimana cara membangun kepercayaan konsumen terhadap brand sekolah anda ?

  1. Perlakukan konsumen Anda Seperti VIP Tetapkan standar yang tinggi, lakukan yang terbaik untuk mereka, dan tunjukkan kepada mereka bahwa sekolah Anda memiliki semua hal yang membuat konsumen anda puas dan memenuhi ekspektasi mereka. Setelah Anda memiliki fondasi awal dari koneksi yang kuat dengan konsumen Anda, maka kepercayaan konsumen terhadapa brand anda bisa terus meningkat.
  2. Meminta feedback Dari konsumen No. 1 hingga 100, mintalah feedback mereka terhadap apa yang sudah sekolah anda berikan. Feedback itu bisa berupa survei singkat, mengikuti media sosial, atau ulasan online. Ulasan online ini sangat penting untuk rband sekolah dalam meningkatkan mutu dan kualitas sehingga akan menjaring kepercayaan konsumen dalam skala yang lebih besar.
  3. Berikan layanan Pelanggan yang hebat, Bagaimana caranya agar anda menciptakan kepercayaan dalam hubungan apa pun? Pasti anda akan menunjukkan bahwa anda peduli, tetap dapat diandalkan dan jujur, hal yang terpenting adalah anda tak hanya menerima, tetapi juga memberi.  Hal yang sama berlaku ketika menciptakan kepercayaan brand sekolah anda. Tunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda peduli dengan memberi mereka layanan pelanggan terbaik. Memberikan pelayanan kepada pelanggan anda melebihi dari kompetitor anda akan membuat pelanggan merasa dihargai. Bukankah komunikasi sangat penting dalam branding sekolah anda ? Maka Pelayanan dapat memberikan suatu bentuk komunikasi brand anda kepada pelanggan. Nada bisa memberi pelayanan berupa menjawab kritik dan keluh kesah pelanggan, atau memberi, pembayaran dengan sistem online untuk mempermudah, hingga antar jemput bagi siswa berprestasi.
  4. Fokus Pada Pengalaman Pelanggan. Ini juga bisa menjadi sebuah contoh untuk membuat kepercayaan pelanggan anda menigkat. Focus pada pengalaman pelanggan dalam istilah yang paling sederhana adalah belajar dari apa yang pernah terjadi dalam kehidupan pelanggan Contohnya : anak pelanggan pernah dicegat oleh preman sepulang sekolah. Maka sekolah anda bereaksi dengan memberikan solusi kepada pelanggan. Kedepannya,anda menerapkan system dimana hal serupa tak akan terulang lagi. Reaksi positif ini akan menimbulkan kesan bahwa anda belajar dari pengalaman pelanggan yang kemudian akan dibarengi dengan kepercayaan pelanggan anda terhadap brand sekolah anda
  5. Ketahui Posisi Anda Dibandingkan kompetitor. brand sekolah lain Mengetahui posisi anda dalam sebuah persaingan akan membuat anda menemukan strategi yang tepat sehingga bran sekolah anda bisa unggul dengan posisi anda dibandingan kompetitor anda. Faktanya, hampir 70% orang akan membanding bandingkan satu hal dengan suatu hal yang lain dalam kategori yang sama. Termasuk sekolah didalamnya. Bisa dibilang, untuk menunjukkan bahwa sekolah anda dapat dipercaya, anda harus memastikan ada sesuatu yang menonjol dalam brand sekolah anda daripada kompetitor lain. Membangun kepercayaan brand bisa dibilang bukanlah tugas yang mudah. Ada  banyak faktor yang bisa mempengaruhi sebuah kepercayaan diantaranya sejarah dan kebudayaan yang berlaku di lingkungan Namun, mengembangkan kepercayaan pelanggan bukanlah sesuatu yang bisa diremehkan. Mempertahankan sesuatu lebih sulit daripada mendapatkan, ungkapan itu layaknya sering terdengar namun sangat nyata dalam dunia branding. Kepercayaan sangatlah bernilai, begitu orang memercayai brand sekolah anda, mereka akan berhenti berpikir dengan para kompetitor anda. Selain itu, ada keuntungan lain yang bisa anda dapatkan melalui membangun kepercayaan ini Mulut ke mulut… Jangan pernah remehkan kekuatan mulut ke mulut. Walaupun terkesan kurang formal, namun kekuatan mulut ke mulut merupakan pendorong kepercayaan yang sangat efektif.

Pelanggan akan merekomendasikan, dan mengajak orang lain untuk merasakan hal yang sama dengan yang mereka dapatkan dengan nilai yang positif. Keterikatan emosi diantara pelanggan satu dengan yang lain adalah buah kepercayaan yang dapat anda gunakan untuk strategi marketing anda secara gratis.

Hubungan seperti inilah yang menjadikan nilai brand anda meningkat lebih tinggi. Kekuatan mulut ke mulut dapat menjadi marketing tersembunyi dengan efek yang dahsyat.

Bayangkan saja jika anda telah mempunyai pelanggan yang telah masuk di sekolah anda. Lalu saat penerimaan murid baru, ternyata ada seseorang kenalan pelanggan anda yang merekomendasikan sekolah anda. Audiens baru tersebut berkata telah melihat value brand anda dan menilai bagus, namun karena pelanggan tetap anda yang memberikan valuenya kepada audiens baru tersebut, dia jadi semakin yakin untuk mendaftar di sekolah anda dikarenakan kesesuaian emosi antara kedua pelanggan.

Bukankah itu hal yang bagus ?

Untuk itulah, kekuatan mulut ke mulut adalah akibat dari sebab kepercayaan pelanggan terhadap brand sekolah anda. Hal itu dikarenakan pelanggan anda telah menjadi satu dengan brand anda. Kepercayaan pelanggan adalah hal yang luarbiasa dengan banyak faktor yang mempengaruhinya. Mungkin hal dibawah ini bisa menjadi sebuah indikator dari rasa kepercayaan pelanggan terhadap brand anda :

  • Kepercayaan umum : Rasa kepercayaan dasar, rasa percaya dengan melihat value yang anda berikan melalui brand sekolah anda yang kuat.
  • Kepercayaan afektif : Kepercayaan secara emosional kepada brand sekolah anda, faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah faktor brand identity dan value.
  • Kepercayaan reputasi : Kepercayaan karena informasi pihak ketiga, mulai dari faktor mulut ke mulut, media social dan lain sebagainya.
  • Pengalaman kepercayaan : Pengalaman pribadi langsung, hal ini pula yang dapat melahirkan investasi market mulut ke mulut diantara pelanggan satu dengan yang lain.

Dua jenis kepercayaan pertama cenderung dan sangat sulit untuk dipengaruhi, namun bukan berarti tidak bisa. Peran brand identitiy dan value dari sebuah brand sangat berperan disana untuk membuat audiens percaya kepada brand sekolah anda Anda dapat membaca tentang brand identitiy disini dan value dari sebuah brand disini untuk lebih jelasnya. Untuk nomer 3 dan 4, kedua jenis ini dapat membentuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap brand anda dan dapat dikelola secara konsisten. Konsistensi brand juga sangat penting. Ini juga merupakan hal dasar yang dapat membangun sebuah kepercayaan.  Bagaimana seseorang bisa mempercayai merek yang mengambil bentuk berbeda setiap kali mereka menemukannya? Maka dari itu konsistensi brand sekolah anda memastikan sekolah anda dapat memberikan yang terbaik dalam membangun kepercayaan dalam dunia branding.

Baca juga : Membangun Citra Sekolah Anda Untuk Meningkatkan Branding Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *